Beberapa Lauk untuk Pelengkap Sajian Nasi Tumpeng

Beberapa Lauk untuk Pelengkap Sajian Nasi Tumpeng

Siapa yang tidak tahu dengan nasi tumpeng? Ya, makanan tradisional Indonesia yang sudah sangat mudah kita dapatkan di beberapa tempat khusus. Bahkan, Pesan nasi tumpeng yang bisa diantar langsung kerumah sekarang sudah ada. Resep membuat nasi tumpeng dan membuat nasi kuning itu sama saja. yang menjadi perbedaan adalah bentuk akhirnya.

Selain identik dengan acara ulang tahun, resepsi atau acara syukuran yang lain, salah satu masakan nasi asli Indonesia ini juga bisa disantap untuk hidangan sehari hari. Kalian dapat membuat nasi kuning dengan menggunakan rice cooker sederhana untuk makan siang ataupun makan malam.

Lauk pauk plus bahan pelengkapnya juga tidak wajib disediakan. Teman teman bisa menyajikannya hanya dengan potongan atau irisan telur dadar, kacang tanah goreng, sedikit abon dan kerupuk udang. Jika ingin lebih komplit bisa ditambahkan sambal, pasti akan terasa lebih nikmat.

Nasi tumpeng memiliki ciri khas utama yaitu gundukan nasi yang dicetak dengan bentuk kerucut atau piramid yang diletakkan di tengah kumpulan aneka lauk pendamping yang akan menggugah selera. Lalu apa saja lauk untuk pelengkap nasi tumpeng? 

Nasi
Membuat nasi tumpeng, hal terpenting tentu saja nasinya. Nah, awalnya nasi yang digunakan adalah nasi putih tawar yang memiliki filosofi bahwa segala sesuatu yang kita makan harus berasal dari sumber yang halal dan bersih.

Namun saat ini nasi yang digunakan untuk tumpeng lebih bervariasi. Seperti nasi kuning, sampai nasi uduk berbumbu yang tentunya memiliki rasa yang jauh lebih gurih jika dibandingkan nasi putih biasa.

Urap
Urap merupakan makanan khas di Indonesia yang terdiri dari campuran aneka sayuran rebus seperti tauge, kangkung, bayam, dan juga kacang panjang yang dicampur bersama parutan kelapa berbumbu.

Dulu, masing-masing dari sayuran rebus tersebut memiliki filosofinya tersendiri lho, seperti kangkung yang berarti melindungi, atau kacang panjang yang bisa diartikan sebagai pemikiran jauh ke depan. Rasa dari urap ini sedap, gurih dan juga lezat penuh dengan bumbu. Sayur ini sangat pas disajikan untuk menyeimbangi lauk lainnya.

Ayam goreng
Ayam goreng memang cocok disajikan bersama makanan apa saja termasuk nasi tumpeng. Biasanya ayam diungkep dengan bumbu kuning terlebih dahulu, baru kemudian digoreng dan disajikan. Gurih dan lezatnya daging ayam akan membuat acara makan nasi tumpeng anda menjadi semakin lengkap.

Dulu, ayam yang digunakan untuk tumpeng tidak bisa sembarangan lho, tapi harus menggunakan ayam jantan, karena dipercaya bisa menghindarkan kita dari sikap ayam jantan yang angkuh, merasa benar sendiri, dan tidak setia.

Tahu dan tempe
Anda bisa gunakan tahu dan tempe goreng atau kering kentang tempe. Perpaduan antara renyahnya kentang dan tempe goreng dengan balutan bumbu yang manis dan pedas tentunya bisa membuat acara makan anda menjadi lebih nikmat.

Menu tahu dan tempe ini merupakan lauk nasi tumpeng masa kini yang bertujuan untuk memperkaya rasa dan menambah nilai gizi pada nasi tumpeng, jadi tidak memiliki filosofi yang berkaitan dengan budaya atau sejarah.

Telur
Nah, jika tidak suka dengan rasa tawar dan tampilan dari telur rebus, anda bisa pilih telur dadar. Selain lebih nikmat, telur dadar yang berwarna kuning kecokelatan juga bisa mempercantik tampilan nasi tumpeng. 

Sambal
Menu-menu di atas terasa kurang sempurna jika tanpa sambal. Rasa pedas dan lezat dari sambal dijamin membuat acara makan anda menjadi lebih nikmat. Anda bisa menggunakan sambal jenis apa pun sesuai selera.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger