Cara Mudah Memperbaiki Tempat Cuci Piring yang Rusak

Cara Mudah Memperbaiki Tempat Cuci Piring yang Rusak

Tempat cuci piring adalah tempat yang sangat rentan terjadi kebocoran. Ketika bak cuci piring Anda di rumah bocor, meskipun masih berukuran kecil, sebaiknya jangan menunda-nunda untuk memperbaikinya. Ketika Anda menunda memperbaiki karena berpikiran kebocorannya masih kecil, alhasil bak cuci piring justru akan semakin rusak karena digunakan terus-menerus dalam kondisi bocor. 
Untuk memperbaikinya sebenarnya sangat mudah. Di link https://artikel.rumah123.com tererdapat panduan lengkap mengenai cara mengatasi masalah kebocoran wastafel cuci piring. Anda bisa memperbaikinya menggunakan peralatan sederhana di rumah. Berikut contoh panduan mudahnya.

Cara Memperbaiki Tempat Cuci Piring yang Bocor

1. Menemukan Lokasi yang Bermasalah
Agar bisa memperbaiki bagian yang rusak, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagian manakah dari bak cuci piring yang bocor. Ketika Anda mendapati ada genangan air di bawah bak cuci piring, maka ada kemungkinan bahwa bak cuci piring mengalami kebocoran. Untuk mengetahui letak kebocoran ketika bocornya masih kecil tentu sedikit sulit, namun cara berikut bisa diterapkan.
Taruhlah ember atau wadah tampungan air di bawah bak cuci piring terutama di tempat terjadi genangan air. Kemudian sumbatlah saluran pembuangan air dan isi bak cuci piring hingga setengahnya atau sekitar satu inci dari dasar. 
Diamkan selama beberapa saat untuk melihat tetesan air yang jatuh. Ketika bocor masih kecil umumnya masih sulit untuk dilihat. Selanjutnya Anda bisa membuka sumbatan saluran air dan biarkan air mengalir di pipa. Amati apakah ada tetesan air di pipa. Jika ada, artinya bocoran air terjadi di dalam pipa. Anda bisa menggunakan lap untuk melihat tempat kebocoran agar lebih jelas.
2. Mengganti Pipa Baru Jika Rusak
Ketika Anda tidak menemukan penyebab tempat cuci piring bocor, bisa jadi hal ini merupakan tanda bahwa mesin telah mengalami keausan. Ketika mesin telah aus, maka air akan terus menerus keluar dari pipa sehingga wadah cuci piring Anda di rumah akan terus bocor. Untuk mengatasi hal ini, Anda tinggal mengganti pipa atau selang pengairan dengan yang baru agar wadah cuci piring tidak bocor kembali.
3. Mengencangkan Sekrup Apabila Longgar
Salah satu penyebab tempat cuci piring mengalami kebocoran adalah karena sekrup sambungan terjadi kebocoran. Ketika sekrup pada wastafel bocor, hal ini akan menyebabkan air terus menerus keluar dari pipa saluran air. 
Untuk mengatasi kebocoran wastafel cuci piring akibat sekrup yang longgar sebenarnya cukup mudah. Anda tinggal mengencangkan sekrup menggunakan alat yang tepat ataupun tangan. Beberapa jenis pipa yang sering bocor dapat dikencangkan dengan tangan. Pipa ini biasanya berbentuk U dan S yang terdiri dari banyak sambungan. 
4. Jaga agar Saluran Air Bersih
Salah satu penyebab umum dari kebocoran yang terjadi di tempat cuci piring adalah karena saluran air tersumbat sampah ataupun makanan sisa. Akibat penyumbatan yang terjadi di saluran cuci piring, maka air tidak akan mengalir dengan optimal sehingga naik akibat tersumbat. 
Agar tidak terjadi kebocoran, usahakan untuk rutin mengecek kondisi saluran air setiap beberapa hari. Sebaiknya cek minimal seminggu sekali untuk memastikan apakah ada sumbatan di saluran air. Ketika ada sumbatan di saluran air, maka air yang dibuang akan terhalang untuk terbuang dan air menjadi naik. 
Membiarkan air bocor dari wadah cuci piring dapat mendatangkan banyak masalah. Dari mulai masalah kesehatan dikarenakan air yang bocor adalah air kotor maupun kerusakan di rumah karena terkena genangan air terus-menerus.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger