Guys, Biar Gak Gaptek Kamu harus Tahu 3 Perbedaan Kabel USB Masa Kini

Guys, Biar Gak Gaptek Kamu harus Tahu 3 Perbedaan Kabel USB Masa Kini
Sumber: pinterest.com
Pastinya kamu sudah mengenal tentang Universal Serial Bus atau biasa dikenal dengan USB. Perangkat penghubung yang biasa digunakan untuk  komputer, ponsel, ataupun peralatan lainnya. USB sendiri di desain dengan asimetris yang memiliki beberapa peralatan penghubung dan pengontrol host yang menggunakan peralatan khusus. Jenis kabel USB sudah sangat sering digunakan pada perangkat elektronik hingga saat ini. Hal tersebut dikarenakan, kabel USB mempunyai desain standar yang dapat digunakan pada banyak perangkat elektronik seperti Mouse, Disk drive, Smartphone, Scanner, Keyboard dan lainnya.

Pada dasarnya, orang- orang hanya mengenal macam-macam USB yang biasa dilihat dari modelnya. Tetapi, sebenarnya USB memiliki jenis dan type yang dibagi menjadi 3 yaitu USB Type-A, Type-B,dan Type-C. Namun, beberapa type USB ini memiliki perbedaan yang mendasar. Berikut ini penjelasannya yang perlu kamu ketahui tentang perbedaan  USB Type-A, B, dan C.

USB Type-A

USB Type-A
Sumber: pinterest.com
USB dengan tipe ini pastinya sering kamu jumpai sehari-hari, hal tersebut dikarenakan USB tipe ini dapat digunakan oleh berbagai perangkat PC yang kamu gunakan seperti USB modem, USB Hub, USB extender dan masih banyak lagi. USB Type-A ini lebih dikenal sebagai USB Standard- A, konektor USB ini mempunyai konektor klasik yang sudah dikenal sejak saat ini. 

Konektor Type-A juga dikenal sebagai Konektor A-male, bagian yang biasa dimasukkan ke host(induknya) semacam Laptop/PC. Sedangkan host colokan USB pada tempat A-male yang dimasukkan seperti biasa disebut sebagai A-female. Port Type-A ini banyak dipasang pada perangkat host seperti Media player, Laptop, Game, Komputer desktop dan lainnya.  

Port USB 3.0 mempunyai banyak pin dari USB 2.0 yang dapat meningkatkan kecepatan daya output jadi lebih tinggi. Tetapi, pin-pin tersebut diatur agar bisa mencocokkan USB dengan versi yang lama. Tipe-A ini juga memiliki beberapa variasi seperti Micro Type-A dan Mini Type-A. Tetapi faktanya variasi tersebut sudah ditinggalkan di masa sekarang, karena mempunyai soket USB yang berbeda dari kebanyakan perangkat host lainnya. Standar USB ini mengantarkan banyak power  yang diperlukan oleh perangkat  yang sedang dicolokkan, sebagian besar USB ini dapat berfungsi dengan sangat baik.

USB Type-B

USB Type-B
Sumber: pinterest.com
Konektor Type-B  ini dapat dihubungkan pada banyak perangkat seperti hardisk eksternal, printer, telepon dan lainnya. Port USB ini lebih dikenal sebagai Type B-female. Perangkat peripheral ini memiliki banyak variasi bentuk dan ukuran yang dapat dihubungkan ke komputer. USB type ini mempunyai varian lain yakni MicroUSB 3.0 dengan dua kepala yang berbeda semacam HardDisk Eksternal. 

Kegunaan pada konektor type-B ini sama seperti type-A dengan perangkat yang bisa terhubung ke komputer, kamera digital, dan smartphone. 

USB Type-C

USB Type-C
Sumber: pinterest.com
Jenis USB ini mulai populer dan digunakan oleh dunia smartphone, untuk mengisi daya atau mentransfer data  jadi lebih cepat. Dikarenakan type-C ini sudah didukung oleh  USB 3.0 series dan Quick Charge. USB type-C mempunyai banyak pin yang dapat memberikan kecepatan transfer jadi lebih tinggi. Konektor USB type-C ini didesain untuk mengantarkan tegangan supply dengan dua arah. Walaupun bentuk nya ramping, type-C ini memiliki kemampuan port, seperti jalur input, charging baterai,  output data  dan masih banyak lagi. 

Micro USB 2.0 biasa digunakan oleh smartphone android yang sudah didukung dengan 5 Volt / 2 Amps power dan mampu mentransfer hingga kecepatan 480 Mbit/s. Disisi lain Micro USB 3.1 ini  mampu mentransfer hingga 20 Volt/ 5 Amps power pada tingkat transmisi sampai 10 Gbit/s. Perangkat charger type-C ini, umumnya digunakan untuk pengguna Iphone, Samsung, asus, hingga Xiaomi.

Demikianlah, pembahasan tentang perbedaan kabel USB type-A, B, dan C yang sudah kamu simak diatas ini. Semoga bermanfaat !

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger