Ingin Membeli Mobil Bekas Berkualitas, Simak 5 Tips Berikut, Yuk!

Pada Minggu, Februari 16, 2020 | Berkomentar
Inspeksi mobil

Inspeksi mobil wajib dilakukan agar Anda bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Mendapatkan mobil bekas dari tangan pertama sangat mempengaruhi usaha Anda tersebut. Meskipun mobil bekas dari tangan pertama tidak selalu bagus, namun faktor pemakaian dan perawatan satu pengguna jauh lebih optimal dibandingkan mobil telah berpindah tangan ke banyak orang. 

Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Bagaimana cara menemukan mobil bekas dari penjual tangan pertama? Simak tips bermanfaat berikut ini. 

1. Mencari informasi dan pemeriksaan latar belakang mobil 

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi lengkap dan pemeriksaan latar belakang mobil bekas lebih dulu. Mobil bekas tangan pertama belum tentu sempurna, begitu pula dengan mobil yang telah berpindah ke banyak tangan.

Sebaiknya Anda bertanya banyak hal mengenai latar belakang mobil lebih dulu. Tidak ada salahnya mengajak mekanik atau orang yang lebih ahli untuk mengetahui kondisi mobil secara riil. Mobil bekas tabrakan, mobil bekas banjir, mobil berumur, dan lain-lain akan mudah diketahui sejak awal kalau Anda mengajak ahli untuk mengecek. 

2. Jangan tergesa-gesa

Mencari daftar mobil bekas yang dijual lewat iklan media cetak atau internet sebaiknya dilakukan secara selektif. Anda tidak boleh tergesa-gesa melakukan negosiasi dan inspeksi mobil bekas. Apalagi Anda memiliki model atau jenis mobil incaran yang mungkin belum tersedia di pasaran mobil bekas. Ada baiknya menunggu waktu lebih sabar sampai menemukan model mobil yang sesuai dengan keinginan Anda.

3. Mengecek semua kondisi mobil secara menyeluruh 

Pastikan Anda memang mengajak orang lain yang lebih paham dalam melakukan inspeksi. Cek semua kondisi mobil mulai mesin, komponen-komponen kelistrikan, bodi eksterior dan interior, kaki-kaki mobil, dan lain-lain. 

Pastikan semua fitur bisa digunakan secara optimal agar Anda tidak menyesal. Jika memang ada fitur yang tidak bisa digunakan, Anda bisa mendapatkan harga yang murah atau sebanding dengan kekurangan mobil bekas tersebut. 

4. Memastikan semua surat mobil lengkap

Penjual mobil bekas tangan pertama tentu memiliki semua surat-surat mobil lengkap. Anda tidak perlu khawatir kalau hendak melakukan balik nama atau urusan administrasi lain. Dokumen yang bisa menambah keyakinan Anda dalam melakukan transaksi dengan pihak penjual tangan pertama adalah faktur pembelian asli. 

Jika mobil yang telah berpindah ke banyak tangan bisa saja memiliki dokumen tercecer, maka mobil tangan pertama lebih aman. Setidaknya Anda bisa memastikan bahwa legalitas mobil bekas terpercaya. 

5. Orisinalitas 

Tips mendapatkan mobil bekas dari tangan pertama adalah mengecek orisinalitas mobil bekas. Biasanya pihak tangan pertama tidak melakukan perubahan signifikan jika terjadi penggantian komponen. Bisa pula komponen yang diganti menggunakan suku cadang asli sehingga orisinalitas tetap terjaga. Anda bisa mendapatkan kepuasan membeli mobil bekas rasa baru. Kecuali Anda memang membeli mobil bekas dari tangan pertama yang suka melakukan modifikasi. 

Mendapatkan mobil dari tangan pertama memang gampang-gampang susah. Anda bisa mendapatkan mobil bekas tangan pertama dari perseorangan atau dealer. Jika membeli di dealer, sebaiknya Anda tetap selektif dan tidak mudah tergoda rayuan marketing. Bisa jadi mobil telah dipoles dengan tampilan menarik. Membeli di dealer kredibel bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin membeli kendaraan dengan garansi yang lebih terjamin. 

Harga mobil bekas tangan pertama yang berkualitas tentu lebih mahal dibandingkan dengan mobil bekas yang telah berpindah ke banyak tangan. Meskipun tidak menjadi jaminan Anda bisa mendapatkan kendaraan terbaik, tidak ada salahnya melakukan cek mobil bekas tangan pertama. Pengecekan detail bisa membuat Anda lebih yakin untuk membeli mobil bekas tersebut. Dapatkan tips dan trik menarik seputar memilih mobil bekas terbaik di Otospector, ya!
Reaksi:
Kategori: ,