Perhatikan Hal ini Sebelum Memutuskan untuk Kredit Motor

Pada Sabtu, April 04, 2020 | Berkomentar
Kredit Motor

Memiliki kendaraan pribadi pada saat ini termasuk mudah untuk dilakukan, khususnya motor. Hanya dengan membayar uang muka yang bahkan saat ini sudah bisa dibawah 1 juta, kamu sudah bisa melakukan kredit motor dan langsung bisa menggunakan motor tersebut. Dan salah satu perusahaan pembiayaan resmi untuk sepeda motor yang cukup populer adalah FIF, selain terpercaya dan cepat dalam pelayanan, proses angsuran perbulan dan cek tagihan fif bisa dilakukan secara online di Blibli.com

Kemudahan mengajukan kredit motor ini membuat semua orang bisa melakukannya. Namun, sebelum mengajukan kredit motor, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tidak salah langkah. Berikut diantaranya.

Pahami Kebutuhan dan Kondisi Finansial

Dengan memutuskan untuk kredit motor, maka sudah dipastikan bahwa kamu melakukan hal tersebut karena terdapat kendala masalah finansial, sehingga kamu tidak bisa membeli motor secara tunai.

Dengan menyadari kondisi tersebut, sebelum memutuskan untuk membeli motor secara kredit, terlebih dahulu kamu harus pahami anggaran finansial kamu. Jangan sampai dengan adanya angsuran kredit ini, justru lebih membebani kebutuhan primer kamu setiap hari. Kondisikan dengan besarnya cicilan yang bisa kamu bayar tiap bulannya.

Pilih Jenis Motor yang Sesuai Kebutuhan

Ada baiknya kamu mulai mempertimbangkan jenis motor seperti apa yang kamu butuhkan. Jangan sampai membeli motor yang tidak bermanfaat secara maksimal. Seperti membeli hanya untuk gaya-gayaan saja. Cari informasi juga tentang harga motor yang kamu inginkan. Sesuaikan dengan uang muka dan besarnya cicilan yang sanggup kamu bayarkan tiap bulannya.

Lakukan Survei dan Perbandingan

Setiap dealer motor mempunyai penawaran yang berbeda-beda, jangan terburu-buru untuk memutuskan untuk membeli. Bandingkan penawaran dan harga dari dealer satu ke dealer lainnya. Temukan harga yang paling murah dengan penawaran yang menarik menurut kamu.

Setelah mendapatkan dealer yang terbaik, kamu juga perlu untuk memilih pihak leasing yang memberikan penawaran yang menarik. Meskipun pihak dealer biasanya memiliki rekomendasi leasing tertentu, namun itu bukan harga mati yang harus kamu turuti begitu saja. kamu masih bisa memilih dan mencari informasi terkait leasing dengan mendatangi kantor cabang atau dengan mencari informasi di internet.

Pilih Jangka Waktu Kredit yang Tidak Terlalu Lama

Jangan tertipu dengan penawaran uang muka rendah serta jangka waktu cicilan yang panjang yang ditawarkan oleh pihak leasing. Sebab, sejatinya semakin kecil uang muka dan lamanya waktu cicilan, akan berdampak pada pembengkakan utang.

Cicilan dengan jangka waktu yang panjang memang besarnya cicilannya ringan, bahkan sangat menggiurkan. Namun sebenarnya cara tersebut sangat merugikan kamu. Karena semakin lama waktu cicilannya, maka besar bunga angsuran juga makin besar.

Pastikan Mendapatkan Asuransi

Biasanya pengajuan motor kredit dari pihak leasing dicover oleh asuransi, sehingga kamu bisa menghindari resiko yang mungkin terjadi pada motor dalam masa angsuran. kamu harus mempertanyakan perihal ini, sebab terkadang ada pihak leasing yang tidak menyertakan asuransi dalam kredit motor.

Tanyakan Kapan dan Bagaimana Proses Pengambilan BPKB Motor

Umumnya, BPKB akan diberikan kepada kamu jika sudah selesai proses angsuran, namun terkadang ada juga pihak leasing yang mempersulit clientnya dalam mendapatkan BPKB. Maka dari itu, kamu perlu menyakan tentang hal ini. tanyakan kapan dan bagaimana proses BPKB itu diberikan kepada kamu.

Apakah ada tambahan biaya lainnya saat pemberian BPKB ini atau ada syarat khusus yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Tanyakan semua hal tersebut agar kamu tidak dipersulit nantinya.
Reaksi:
Kategori: ,