Energi Alternatif Dengan Panel Surya

Pada Kamis, Juni 25, 2020 | Berkomentar
Energi Alternatif Dengan Panel Surya

Hemat energi menjadi isu yang semakin sering dibicarakan akhir-akhir ini. Nah,salah satu cara untuk menerapkannya adalah dengan memasang panel surya yaitu memanfaatkan sinar matahari yang diubah menjadi tenaga listrik.

Dengan inovasi terbaru, kini memasang panel surya di perumahan bukan lagi hal yang sulit dilakukan. Beberapa perumahan baru juga ada yang menyediakan fasilitas ini sebagai salah satu fitur hijau di klasternya.

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika menggunakan energi alternatif tenaga surya, di antaranya adalah mengurangi polusi udara.

Beberapa pembangkit listrik masih menggunakan bahan bakar minyak dan batu bara, yang menghasilkan polusi.

Bagi Anda yang sudah memiliki rumah dan sedang mempertimbangkan untuk memasang panel surya, ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang perlu dipahami.

Berikut ini empat hal yang menjadi keuntungan dari memasang panel surya:

1. Energi gratis

Matahari menyediakan bahan bakar panas yang berfungsi menyalakan sistem komponen elektrik di rumah Anda. Hanya dengan menampung energi panas di siang hari, Anda bisa menyimpan banyak biaya yang digunakan untuk membayar tagihan listrik.

2. Produksi energi bersih

Berbeda dengan listrik tenaga batu bara, energi tenaga surya digerakkan oleh panas matahari yang tidak mengeluarkan emisi gas rumah kaca penyebab pemanasan global.

3. Insentif pemerintah

Masyarakat kini bisa menjual listrik ke PT PLN (Persero) jika di rumahnya terpasang pembangkit listrik tenaga surya. Program ini dilakukan untuk mendukung pengadaan energi listrik menggunakan tenaga surya.

Akan tetapi, kapasitas solar cell tak bisa melebihi daya terpasang dari PLN. Contohnya, jika daya listrik PLN terpasang di rumah ‎sebesar 30.000 watt, maka permohonan pemasangan solar cell tak bisa melebihi daya terpasang tersebut.

4. Mengurangi ketergantungan

Dengan memasang panel surya, secara langsung Anda juga telah mandiri dan tidak bergantung lagi kepada PLN untuk menyuplai kebutuhan listrik harian.

Selain beberapa kelebihan di atas, ada juga kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan Anda, antara lain:

1. Sumber tenaga yang tidak konsisten

Matahari tentu tidak bersinar 24 jam dalam sehari. Pada beberapa rumah yang lokasinya tertutup oleh pohon atau gedung tinggi juga akan kesulitan mendapat sinar matahari yang maksimal.

Bahkan pada musim panas sekalipun, sinar matahari tidak selalu terang. Itu terjadi apabila tertutup oleh awan. Pada saat-saat tertentu, asupan tenaga listrik Anda bisa saja berkurang dan ini menjadi kelemahan utama.

2. Biaya pemasangan yang besar

Meski banyak kelebihannya, biaya pasang solar cell masih terbilang cukup tinggi. Inilah yang membuat banyak orang berpikir puluhan kali sebelum yakin memasang instalasi panel surya di atapnya.

3. Perawatan

Menjalankan tenaga listrik sendiri, artinya Anda harus siap melakukan perbaikan jika sewaktu-waktu terdapat kerusakan pada sistemnya.

Panel surya harus dibersihkan secara rutin sehingga kotoran dan debu yang menempel tidak mengurangi kinerja listrik. Bila terdapat kerusakan akibat petir dan lain sebagainya Anda juga harus segera menghubungi tukang yang ahli untuk memperbaikinya. Bila anda tertarik untuk Pasang Solar Panel dapat dilakukan di https://sewatama.com/id/ yang terpercaya berkualitas.

Reaksi:
Kategori: , ,