Inilah 5 Tips Menggunakan Masker Kain untuk Menangkal Virus Corona

Pada Selasa, Juni 16, 2020 | Berkomentar
Inilah 5 Tips Menggunakan Masker Kain untuk Menangkal Virus Corona

Semenjak virus corona merebak di Indonesia, pemerintah mulai menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Masyarakat tidak diperbolehkan untuk berkumpul di suatu tempat dan berkunjung ke berbagai fasilitas umum. Jika terpaksa, masyarakat wajib untuk menggunakan masker. Namun, penggunaan masker medis tidak disarankan untuk masyarakat sehat karena stoknya yang terbatas. Sebagai alternatif lain, Anda bisa menggunakan masker kain.

Masker jenis kain menjadi alternatif terakhir yang bisa Anda gunakan. Saat ini, banyak masker jenis kain yang dijual di pasaran dengan rentang harga yang bervariasi. Menurut beberapa studi, masker jenis kain tidak cukup efektif menangkal virus corona. Ini dikarenakan bahannya yang cenderung lebih tipis dan tidak dilapisi dengan bahan pelindung lainnya. Namun, ini sebenarnya lebih baik daripada tidak menggunakan sama sekali.

Tips menggunakan masker berbahan kain

Oleh karena itu, masker jenis kain bisa menjadi efektif melawan virus corona dengan tips-tips seperti di bawah ini.

1. Menggunakan Masker Sesuai dengan Ukuran Wajah

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih masker yang ukurannya pas dengan wajah. Masker yang terlalu besar hanya akan menghalangi penglihatan, begitupun dengan masker yang terlalu kecil yang tidak bisa menutup hidung dan mulut dengan sempurna. Untuk itu, pilihlah masker yang pas di wajah agar Anda lebih terlindungi.

2. Cuci Tangan Sebelum Menggunakan Masker

Mencuci tangan sangatlah penting. Tidak hanya dilakukan sebelum makan saja, tetapi saat akan menggunakan masker. Ini dilakukan agar masker jenis kain Anda tidak terkena virus atau bakteri yang ada pada tangan. Cucilah dengan sabun dengan langkah yang benar. Jika sudah, Anda baru bisa menggunakan masker.

3. Menggunakan Masker Berlapis

Masker kain cenderung tidak efektif dalam menangkal virus corona. Tidak seperti masker medis, masker jenis kain hanya memiliki satu lapisan saja. Oleh karena itu, belilah masker yang didesain dengan tiga lapis di dalamnya. Dengan begitu, virus yang menempel tidak akan langsung mengenai hidung dan mulut.

4. Menggunakan Lapisan Tisu

Tisu berguna sebagai lapisan pelindung tambahan pada masker jenis kain. Anda bisa menambahkan tisu pada bagian dalam masker sebanyak dua atau tiga lembar saja. Agar lebih praktis, belilah masker yang sudah menyediakan wadah khusus tisu pada bagian dalamnya.

5. Cuci Masker Setelah Digunakan

Setelah digunakan, segera cuci masker dengan detergen. Lakukan langkah ini setelah masker digunakan lebih dari empat jam. Jika perlu, sediakan masker dalam jumlah yang banyak agar Anda bisa menggunakan masker lain saat yang lainnya sedang dicuci.

Itulah lima tips menggunakan masker jenis kain untuk menangkal virus corona. Agar tampil lebih gaya dan trendy saat menggunakan masker kain, Anda bisa membeli masker secara custom sehingga bisa disesuaikan dengan selera Anda. Ada beragam jenis masker dengan motif yang kekinian dan cocok untuk berbagai kalangan.

Reaksi:
Kategori: , ,