Inilah Prosedur Sebelum Melakukan Tes Deteksi Virus Covid-19 yang Harus Anda Tahu

Pada Rabu, Juni 24, 2020 | Berkomentar
Inilah Prosedur Sebelum Melakukan Tes Deteksi Virus Covid-19 yang Harus Anda Tahu

Pemerintah telah mencanangkan rapid test massal di beberapa daerah secara gratis. Percepatan tes tersebut bertujuan untuk melakukan deteksi dini infeksi virus Covid-19 dalam tubuh seseorang. Daerah-daerah di Indonesia satu persatu telah melaksanakan rapid test. Namun, penyelenggaraan rapid test gratis seringkali terbatas. Sehingga, jika Anda tidak dapat melakukan tes deteksi secara gratis, Anda bisa melakukannya secara mandiri dengan mengunjungi instansi kesehatan yang menyediakan pelayanan rapid test atau PCR test terdekat dari tempat tinggal Anda.

Prosedur Tes Deteksi Virus Corona

Untuk melakukan tes deteksi virus corona, Anda akan dikenakan biaya pribadi jika melakukannya secara mandiri. Biaya tes tersebut dapat bervariasi, tergantung instansi kesehatan yang melayani Anda. Selain itu, Anda juga akan dihadapkan pada prosedur berbeda dalam melakukan tes, tergantung jenis tes yang Anda pilih.  Oleh karena itulah pastikan Anda melakukan tes ini dengan dibantu pihak profesional.

Lalu apa saja saja prosedur tes ini? Berikut informasinya.

1. Prosedur pengambilan sampel darah pada rapid test

Rapid test merupakan tes cepat yang hasilnya bisa segera Anda ketahui dalam hitungan menit. Hasilnya tidak akurat, sehingga ketika reaktif, Anda harus menjalankan tes lanjutan untuk memastikannya. Secara umum, prosedur pelaksanaannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, area pengambilan darah pada tubuh Anda, akan dibersihkan oleh cairan antiseptik agar tidak ada lagi kuman dan bakteri yang menempel.
  • Kedua, lengan atas Anda akan diikat menggunakan perban elastis untuk mengumpulkan aliran darah di lengan
  • Ketiga, setelah menemukan pembuluh darah vena, tenaga medis  akan mengambil darah Anda dengan menyuntikan jarum steril ke pembuluh darah
  • Keempat, setelah jumlah darah yang terkumpul cukup, suntikan akan dilepas dan bagian bekas suntik tersebut akan ditutup dengan perban.
Selain melalui jarum suntik, pengambilan sampel darah juga bisa Anda lakukan dengan menusukkan jarum pada ujung jari. Setelah itu, darah yang keluar diletakkan pada alat deteksi khusus.

2. Prosedur swab test melalui hidung

Swab test menggunakan teknik Polymerase Chain Reaction (PCR) melalui uji laboratorium, sehingga hasilnya lebih akurat. Beberapa instansi kesehatan telah menyediakan layanan ini. Bahkan, Anda bisa menemukan lokasi PCR test terdekat dengan mudah. Untuk mendapatkan sampel cairan swab test, salah satunya dapat dilakukan dengan memasukkan alat khusus ke dalam hidung. Prosedurnya meliputi:

  • Pertama, sebelum memasukkan alat swab, Anda akan diminta meniup napas melalui hidung untuk menghindari sumbatan
  • Kedua, tenaga medis akan menyuruh Anda untuk mendongak
  • Ketiga, proses memasukkan alat swab ke dalam lubang hidung dimulai hingga mencapai pangkalnya
  • Keempat, alat tersebut kemudian diputar selama beberapa detik ketika dioleskan ke selaput lendir
  • Kelima, alat swab yang telah mengandung lendir Anda akan dimasukkan ke tabung khusus dan diperiksa di laboratorium.
Sebelum melakukan prosedur tes di atas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk melakukan tes online mendeteksi virus Covid-19. Beberapa pertanyaan akan diajukan terkait gejala atau risiko penularan virus. Hal tersebut tentu saja dapat menjadi skrining awal untuk memastikan apakah Anda terinfeksi atau tidak. Bahkan, melalui aplikasi ini, Anda juga dapat melakukan konsultasi langsung bersama dokter profesional.

Jika merasa sesuai dengan gejala virus Covid-19, Anda dapat segera mengunjungi PCR test terdekat untuk memastikannya. Lakukan prosedur-prosedur di atas dengan tepat agar tes yang dilakukan menunjukkan hasil yang akurat. Selain itu, pastikan Anda juga dibantu langsung oleh tenaga medis terpercaya. Semoga bermanfaat!

Reaksi:
Kategori: , ,