Mengenal 4 Alat Keselamatan Pada Kapal, Pelayar Pemula Wajib Tahu!

Pada Senin, Agustus 03, 2020 | Berkomentar
Alat Keselamatan Pada Kapal

Ketika sedang berlayar menggunakan kapal laut maupun kapal pesiar, memang diperlukan alat keselamatan kapal. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya bahaya dan juga malapetaka  yang mungkin terjadi ketika sedang berada di laut. Untuk itu, apabila terjadi sesuatu di tengah laut, maka beberapa alat tersebut akan bisa untuk membantu anda. Berikut simak ulasan selengkapnya.

Beberapa Jenis Alat Keselamatan Pada Kapal Yang Wajib Anda Ketahui

1. Life Jacket

Alat pertama yang perlu anda ketahui adalah life jacket atau jaket pelampung. Alat satu ini merupakan salah satu hal terpenting yang harus dimiliki oleh kapal ketika sedang berlayar. Terutama bagi kapal kapal yang mengangkut penumpang. Pasalnya, jaket pelampung ini memiliki fungsi agar penggunanya mampu untuk tetap mengapung di air. Dengan begitu, bagian mulut beserta hidungnya pun akan berada di atas permukaan air.

Kehadiran jaket pelampung ini tentu saja sangatlah penting, sesuai dengan peraturan SOLAS tentang alat safety kapal. Selain itu, jaket pelampung ini biasanya akan dilengkapi dengan peluit dan juga lampu yang berfungsi sebagai sinyal untuk meminta pertolongan. Dengan adanya alat satu ini akan membuat anda lebih bisa untuk bertahan hidup di laut dengan waktu yang lebih lama.

2. Life Buoy atau Ban Pelampung Kapal

Selain itu, alat keselamatan pada kapal lainnya yang perlu untuk anda ketahui adalah ban pelampung kapal atau life bouy. Alat satu ini memiliki fungsi yang sangat penting yakni untuk keselamatan diri. PT Velasco Indonesia Persada sendiri pun memproduksi alat satu ini dengan kualitas yang tinggi. Ban pelampung kapal ini dapat berguna untuk membuat penggunanya menjadi tetap terapung di air.

Pada umumnya, life buoy sendiri ditempel pada bagian sisi luar kapal. Sehingga nantinya saat ada seseorang yang meminta bantuan di tengah laut, maka alat satu ini pun akan mudah untuk dijangkau dan dilemparkan ke orang yang terancam tenggelam di tengah lautan. Dengan memiliki perpaduan warna yakni oranye dan putih, maka hal tersebut akan memudahkan orang lain untuk dapat melihatnya ketika berada di tengah laut.

3. Flare signal

Alat keselamatan lain yang harus ada di dalam kapal adalah flare signal. Alat satu ini merupakan safety kapal yang akan menghasilkan warna yang menyala. Hal ini berfungsi untuk memberikan sinyal tanda bahwa terjadi kecelakaan pada kapal.  Sesuai dengan SOLAS atau Safety of Life at Sea yang berkaitan tentang alat safety kapal, maka flare signal menjadi salah satu alat keselamatan yang wajib dimiliki pada sebuah kapal.

4. Life Raft

Life raft atau sekoci kapal memiliki fungsi untuk menyelamatkan awak kapal ketika terjadi kecelakaan. Alat satu ini biasanya akan tersimpan di dalam tabung fiber sebelum digunakan. Ketika terjadi situasi yang darurat, maka nantinya tabung sekoci ini pun akan dilempar ke laut. Dan nantinya secara otomatis akan terbuka dan membentuk life raft. Hal tersebut bertujuan agar awak kapal lebih mudah untuk menaikinya apabila terjadi kecelakaan pada kapal.

Ketika anda ingin mendapatkan life raft ataupun alat keselamatan lainnya untuk kapal, maka anda pun bisa mendapatkannya dengan mudah di PT Velasco Indonesia Persada. Pasalnya, tempat satu ini akan menyediakan banyak alat keselamatan yang anda butuhkan. Untuk kualitas, maka tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, Velasco Indonesia hadir dengan berbagai produk dan pelayanan terbaik. Untuk lebih lanjut anda bisa mengunjungi website velascoindonesia.com.

Reaksi:
Kategori: ,