Adakah Pinjaman Tanpa Jaminan Untuk Modal Usaha?

Pada Rabu, Oktober 14, 2020 | Berkomentar
Adakah Pinjaman Tanpa Jaminan Untuk Modal Usaha?

Meminjam uang tanpa jaminan untuk modal usaha sangat penting untuk kesuksesan bisnis kecil sampingan. Ini sangat mendukung bagi yang belum memiliki aset, atau yang tidak dapat merelakan aset mereka, seperti kendaraan dan rumah, karena hal-hal tersebut masih diperlukan untuk penghasilan utama.

Lalu, apa solusinya agar Anda dapat menginvestasi uang yang belum dimiliki, tanpa mengorbankan aset yang sudah dimiliki? Ada empat cara untuk Anda mendapatkan pinjaman tanpa jaminan, yaitu melalui 1) bank, 2) koperasi, 3) business plan competition, 4) aplikasi pinjaman online. 

Mari kita pahami satu per satu.

1. Pinjaman bank tanpa jaminan / agunan

Tidak semua bank enggan memberi pinjaman tanpa jaminan besar seperti rumah, aset, kendaraan. Beberapa bank besar dan terkenal sudah mempunyai sistem kredit tanpa agunan (KTA), dengan plafon yang tidak tinggi. Anda dapat memilih bank sebagai alternatif yang cukup aman karena bank sudah dikenali oleh masyarakat, dan sudah terjamin oleh Otoritas Jasa Keuangan. 

Syarat untuk mendapatkan KTA tidak sebanyak yang diminta proses pengajuan kredit seperti biasanya, dan waktu memproses data Anda relatif lebih cepat. Anda hanya perlu menyiapkan KTP, kartu keluarga, buku tabungan, slip gaji, dan NPWP, untuk membantu mereka menganalisa riwayat kredit Anda. 

Hanya saja bunga bank cenderung lebih mahal untuk KTA dibanding kredit dengan agunan karena bank sangat besar dan harus menanggun resiko kehilangan uang nasabahnya. Jika Anda memerlukan modal cepat untuk usaha yang sederhana seperti warung, rumah makan kecil atau usaha gerobak, Anda dapat pinjam dari sebuah koperasi.

2. Pinjaman dari koperasi tanpa jaminan

Seperti yang sudah dibahas, koperasi sangat menguntungkan bagi yang ingin membuka usaha yang sederhana. Nasabah dari koperasi terdiri dari masyarakat dengan level ekonomi rendah dan menengah. Koperasi cenderung memusatkan nilai gotong-royong dan kekeluargaan. 

Oleh sebab itu, Anda perlu mengenal beberapa orang dalam koperasi untuk jadi seorang nasabah. Pinjaman dari koperasi tidak tinggi, namun Anda hanya perlu mengajukan dengan KTP, KK, slip gaji, namun tidak perlu menunjukan riwayat kredit Anda, tidak seperti meminjam dari bank.

3. Pinjaman online tanpa jaminan

Kini sudah terdapat banyak jasa pinjaman online yang saling bersaing untuk menawarkan jasa yang terbaik untuk Anda. Calon debitor ingin menerima jasa dari perusahaan peminjam online yang aman, terpercaya, dan tidak akan merugikan.

Dalam konteks ini, orang-orang bisa rugi ketika memilih jasa pinjaman online yang dirancang sehingga para debitor tertipu dan terjebak dalam hutang. Untuk menghindari dari kejahatan tersebut, pastikan aplikasi pinjaman online yang Anda pilih memiliki ulasan yang positif dari banyak pengguna, dan sudah memiliki izin resmi dari OJK. 

Dengan interface yang mudah dipakai dan persyaratan jelas mengenai bunga dan masa tenor, Anda akan merasa aman dan nyaman untuk menggunakan jasanya. Credy Indonesia adalah platform untuk meminjam dana secara online tanpa jaminan. Download aplikasi ini dan nikmati tawaran menarik dari kami.
Reaksi:
Kategori: ,