Wajib Diketahui! Berikut Ciri Mengidap Penyakit DBD Pada Anak

Pada Rabu, Januari 27, 2021 | Berkomentar
Wajib Diketahui! Berikut Ciri Mengidap Penyakit DBD Pada Anak

Demam berdarah dengue merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang anak pada musim hujan. Dilansir dari orami.co.id, Indonesia merupakan negara kedua yang memiliki kasus DBD terbesar yang harus diwaspadai. Terlebih jika penyakit ini dapat merusak organ hingga menyebabkan kematian. Untuk menghindari hal tersebut maka penting untuk mengetahui ciri mengidap penyakit DBD disini.  
 

Mengenal Ciri-Ciri Penyakit DBD Pada Anak 

1. terdapat Ruam Di Bagian Tubuh 

Ciri pertama yang dapat anda ketahui ketika anak mengidap penyakit DBD adalah terdapat ruam merah. Ruam merah tersebut biasnya seperti gigitan nyamuk yang terdapat pada beberapa bagian tubuh, seperti telapak tangan, kaki, wajah serta bagian tubuh lainnya. ciri yang satu ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa jangka waktu.

2. Demam Tinggi

Selain ruam merah, anak juga dapat mengalami demam tinggi hingga 40 derajat celcius jika mengidap penyakit yang satu ini. Tidak seperti demam biasa, demam yang satu ini memiliki suhu yang tinggi yang dapat berlangsung dalam waktu lama yakni kurang lebih 2 sampai dengan 7 hari. 

Akibat adanya ciri yang satu ini anak dapat mengeluarkan banyak keringat yang bisa membuatnya kekurangan cairan atau dehidrasi. Tentunya dengan keadaan tersebut membuat anak semakin lemas dan tidak berdaya. Terlebih jika anak sangat susah untuk mengonsumsi makanan yang dapat menambah energinya. Oleh karena itu ciri mengidap penyakit DBD ini sangat penting diketahui. 

3. Pendarahan Pada Hidung Dan Gusi

Ciri demam berdarah yang penting ibu ketahui selanjutnya adalah pendarahan yang terjadi pada hidung dan gusi anak. Jika anak anda mengalami pendarahan pada anggota tubuh maka kemungkinan besar mengalami penyakit yang satu ini. Pendarahan yang terjadi biasnya sangat tiba-tiba sehingga orang tua harus lebih waspada. 

Terjadinya pendarahan pada bagian tubuh biasnya disebabkan oleh penurunan trombosit. Tidak hanya terjadi pendarahan terhadap hidung, namun kekurangan trombosit juga dapat membuat penderita menghasilkan feses yang berwarna kehitaman. Untuk itu jika anak anda memiliki ciri berikut maka lebih baik untuk segera membawanya ke rumah sakit. 

4. Perut Terasa Sakit Hingga Muntah

Ciri mengidap penyakit DBD yang harus diketahui oleh orang tua selanjutnya yaitu timbulnya rasa sakit pada perut hinga mengalami muntah. Rasa nyeri yang biasnya datang tiba-tiba pada perut anak dapat menyebabkan anak menjadi mual dan nafsu makan menjadi berkurang. Oleh karena itu tidak jarang anak juga akan mengalami muntah-muntah.

Rasa mual dan muntah-muntah, tentunya membuat anak semakin hari semakin lemas dan lesu. Oleh karena itu sangat disarankan bagi orang tua untuk segar membawanya ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan yang lebih insentif. Sebab jika penyakit ini tidak ditangani secepatnya dapat memperparah keadaan anak seperti adanya muntah darah. 

5. Terjadi pembengkakan Pada Kelenjar Getah Bening

Ketika tubuh anak mengalami infeksi seperti terjangkit penyakit yang satu ini, maka resiko terjadinya pembengkakan kelenjar getah benih sangat tinggi. Pembengkakan ini biasanya dipacu oleh adanya usaha tubuh untuk melawan infeksi firus yang terjadi. Oleh karena itu seperti ciri mengidap penyakit DBD lainnya, gejala ini juga harus secepatnya ditangani. 

Demikian beberapa ciri yang dapat dikenali ketika terjangkit pada tubuh-anak. Jika ciri-ciri tersebut terlihat, maka sangat disarankan bagi orang tua untuk membawa anda ke rumah sakit agar penyakit tersebut tidak semakin parah. Adapun hal yang harus dilakukan untuk tetap terhindar dari penyakit DBD adalah menjaga lingkungan tetap bersih dan menjaga pola makan yang sehat. 

Reaksi:
Kategori: ,