Pentingnya Memahami Seputar Imunitas Anak Agar Perkembangan Maksimal

Pada Senin, Maret 01, 2021 | Berkomentar
Pentingnya Memahami Seputar Imunitas Anak Agar Perkembangan Maksimal

Terkadang beberapa orang tua memiliki anak yang sering jatuh sakit. Hal ini bisa saja terjadi akibat proses tumbuh kembang anak yang kurang karena memiliki sistem imunitas anak yang rendah. Untuk itu, orang tua memiliki kewajiban menjaga kondisi kesehatan anak agar tetap sehat dan kuat. Berikut beberapa peran penting seputar imunitas pada anak yang bisa membantu anda.

Proses Pembentukan Sistem Imunitas

Sistem imunitas atau yang biasanya disebut dengan kekebalan tubuh adalah pertahanan pertama pada tubuh manusia untuk mencegah masuknya kuman-kuman yang dapat membahayakan. Sistem inipun dibentuk mulai dari awal kehidupan manusia. Yaitu sejak manusia berada di dalam kandungan. 

Tentunya sistem imunitas juga akan berkembang dari waktu ke waktu seiring dengan bertambahnya usia. Itulah salah satu faktor mengapa bayi maupun anak-anak lebih sering terkena sakit jika dibandingkan dengan orang-orang remaja ataupun mereka yang sudah menginjak masa dewasa.

Alasannya hal tersebut terjadi yaitu karena sistem imunitas bayi dan juga sistem imunitas anak masih belajar untuk melindungi tubuh dari terpaan kuman yang masuk. Sedangkan pada orang-orang dewasa sistem imunitas pada tubuhnya sudah bisa mengenali secara langsung jenis kuman yang menyerang. 

Pada imunitas bayi yang baru lahir ditunjang oleh air susu ibu yang pertama kalinya keluar. Biasanya juga disebut dengan kolostrum. Dimana kolostrum ini memiliki kandungan immunoglobulin A (IgA) yang dapat melindungi tubuh bayi dari serangan kuman. Dengan caranya yang membentuk jaringan pelindung yang ada pada usus, hidung serta tenggorokan. 

Perlindungan dari ASI terus berlanjut bahkan setelah bayi melepas masa menyusuinya. Adanya ASI juga bisa mengakibatkan bayi untuk memiliki resiko yang lebih rendah terhadap serangan kanker. Selain itu pula dapat menghindari penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi atau peradangan usus yang bisa saja menyerang pada masa mendatang.

Namun dapat anda perhatikan pula apabila anak memiliki kadar sistem imunitas yang rendah. Yang mana hal ini bisa menyebabkan terganggunya proses tumbuh kembang anak kesayangan anda. Yang mungkin disertai dengan terkena penyakit paru-paru. Selain itu juga adanya gangguan fungsi imunitas anak yang bisa terjadi alergi ataupun sensitif terhadap debu, cuaca, ataupun makanan.

Pentingnya Asupan Nutrisi Penunjang

Sistem imunitas ini juga bisa bergantung pada apa saja yang dimasukkan ke perut. Maka dari itulah pentingnya anda sebagai orang tua agar bisa menjaga asupan nutrisi yang terus menunjang sistem kekebalan anak. Studi menyebutkan terkait hal ini, dimana kondisi kekurangan nutrisi memungkinkan anak akan lebih rentan terinfeksi virus. 

Adapun beberapa asupan nutrisi yang penting untuk kekebalan tubuh. Seperti adanya Vitamin A yang dapat membantu untuk mencegah infeksi serta dapat menjaga jaringan mukosa. Kemudian ada pula peran vitamin C yang diduga bisa menunjang nutrisi lain untuk dapat meningkatkan sistem imunitas. Vitamin D pun diketahui dapat berfungsi sebagai antimikroba pada tuberkulosis. 

Tidak ketinggalan pula pada dua mineral yang memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya, yaitu zinc serta selenium. Penelitian pun menduga terkait dua mineral ini memiliki fungsi sel sistem imunitas. Jika kekurangan selenium akan mendapatkan resiko seperti kanker kandung kemih, kanker payudara, usus, paru-paru dan yang terakhir yaitu kanker prostat.

Selain beberapa vitamin di atas, dengan memberikan anak berbagai jenis buah dan sayuran tentunya juga dapat menunjang sistem kekebalan anak kesayangan anda. Namun jika anak masih susah untuk mengkonsumsi sayur dan buah, anda bisa memberikannya suplemen vitamin dari MS Glow Kids Vitamin herboost herbal booster. Yang mana mampu memelihara daya tahan tubuh dan meningkatkan nafsu makan anak.
 
Itulah beberapa penjelasan penting seputar peran imunitas terhadap  tubuh. Mulai dari pembentukan sistem imunitas serta asupan nutrisi penunjang yang sekiranya bisa anda berikan kepada anak. Tentu hal demikian guna untuk mendapatkan kekebalan tubuh serta imunitas yang lebih maksimal.

Kategori: ,