Jangan Asal Beli Rumah! Perhatikan Hal ini Sebelum Anda Tertipu dan Rugi Besar

Pada Selasa, Mei 25, 2021 | 1 Komentar
Jangan Asal Beli Rumah! Perhatikan Hal ini Sebelum Anda Tertipu dan Rugi Besar

Siapa tidak ingin hidup mapan dan memiliki rumah yang diidamkan.

Banyak orang menabung sekuat tenaga demi dapat mewujudkan mimpi dapat membeli rumah tersebut.

Beberapa memilih menggunakan KPR untuk mewujudkan impiannya.

Begitu susahnya mendapatkan sebuah rumah sesuai dengan keinginan membuat Anda harus ekstra hati-hati dalam menjatuhkan pilihan.

Bagi Anda yang ingin membeli rumah, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan agar Anda tidak salah pilih rumah.

Apalagi, dalam membeli sebuah rumah, Anda harus menyiapkan uang yang tidak sedikit.

Jika sampai salah pilih rumah, Anda akan sangat menyesal bukan?

Nah, agar Anda tidak menyesal dan merasa tertipu saat memilih rumah idaman, ada beberapa hal yang dapat Anda jadikan sebagai patokan.

Apa saja? Berikut ulasannya untuk Anda.

Lokasi bangunan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah lokasi iklan jual rumah. Lokasi yang tepat akan mempermudah segala aktivitas Anda.

Pastikan rumah yang Anda pilih memiliki lokasi yang strategis atau setidaknya dekat dengan fasilitas umum misalnya saja dekat dengan layanan dokter, dekat dengan pasar dan pusat perbelanjaan, dekat dengan kelurahan, dan sebagainya.

Jika lokasi rumah Anda dekat dengan fasilitas umum, maka Anda akan semakin mudah menjangkau pelayanan umum yang Anda butuhkan.

Selain dekat dengan fasilitas umum, lokasi rumah juga dapat Anda sesuaikan dengan jarak antara rumah dengan tempat kerja.

Rumah yang Anda pilih sebaiknya juga memiliki akses jalan dan angkutan umum yang memadai sehingga mobilitas Anda tidak terganggu.

Bentuk bangunan

Selain lokasi bangunan, hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah bentuk bangunan.

Tidak semua orang yang membeli rumah memiliki cukup dana untuk merombak rumah yang sudah dibeli. Hal ini membuat kita perlu memilih bangunan yang sesuai dengan keinginan.

Pastikan bentuk bangunan memiliki gaya yang kita inginkan dengan ruang yang cukup untuk melakukan aktivitas yang dibutuhkan.

Keamanan lingkungan

Keamanan lingkungan adalah hal ketiga yang harus Anda perhatikan. Keamanan lingkungan kini menjadi salah satu prioritas utama karena tindak kriminal kini tidak pandang waktu.

Agar Anda dapat hidup dengan tenang, pastikan wilayah tempat tinggal Anda memiliki keamanan yang memadai.

Keamanan yang memadai juga diperlukan terutama jika Anda memiliki anak.

Anda tentunya ingin anak Anda bermain dengan bebas di kawasan perumahan bukan?

Membiarkan anak bergaul adalah hal perlu dilakukan orang tua.

Lingkungan yang aman membuat kita tidak was-was ketika anak pergi bermain dengan teman sebayanya di kompleks atau lingkungan perumahan.

Instalasi listrik

Hal yang perlu Anda perhatikan keempat adalah keberadaan instalasi listrik.

Jangan sampai Anda tertipu dengan bentuk rumah yang cantik tanpa memperhatikan ketersediaan fasilitas pokok yaitu listrik.

Pastikan instalasi listrik sudah terpasang dengan baik dengan tersedianya saklar untuk lampu, colokan listrik, dan sebagainya.

Pastikan juga berapa tegangan listrik pada penjual saat ingin membeli rumah pilihan Anda.

Sebaiknya pilih tegangan listrik yang sesuai dengan kebutuhan.

Hindari tegangan yang besar terutama jika Anda tidak membutuhkannya agar Anda dapat lebih hemat saat membayar tagihan listrik nantinya.

Sumber air

Sumber air juga tidak kalah penting. Air adalah kebutuhan utama dalam sebuah rumah.

Ada sangat banyak kegiatan yang membutuhkan air sehingga kita dapat menghabiskan banyak air dalam satu harinya.

Jika Anda tidak memiliki persediaan air yang cukup, Anda akan kesulitan melakukan aktivitas yang membutuhkan air seperti mandi, mencuci, memasak, dan buang air.

Sumber air yang tidak lancar juga akan mengganggu sanitasi dan higiene rumah sehingga dalam memilih rumah, pastikan sumber airnya lancar dari manapun sumbernya, baik mata air, sumur, atau PDAM.

Jumlah kamar

Nah, bagi Anda yang memiliki cukup banyak anggota keluarga, pastikan Anda memilih rumah dengan jumlah kamar yang tepat sehingga semua anggota keluarga mendapat ruangan masing-masing atau dapat melakukan sharing kamar tanpa merasa terganggu.

Bagi Anda yang memiliki anggota keluarga sedikit atau merupakan keluarga kecil, Anda dapat memilih rumah menjadi lebih murah, pembersihan ruangan pun akan semakin efisien.

Ventilasi

Selanjutnya, Anda harus memperhatikan ventilasi pada rumah yang ingin Anda beli. Pastikan udara dapat berganti dengan jumlah ventilasi yang tepat.

Sirkulasi udara yang lancar akan membentuk suasana yang sehat di dalam rumah.

Anda juga dapat dengan mudah merasakan sejuk saat sedang panas-panasnya karena ventilasi dibangun dengan jumlah dan lokasi yang tepat.

Dinding dan lantai

Terakhir, Anda perlu memeriksa dinding dan lantai.

Mengapa? Hal ini karena beberapa developer membangun bangunan dengan ‘asal jadi’ sehingga saat digunakan, pagar mudah retak, keramik bergelembung, dan sebagainya.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya periksa dinding dan lantai dengan cara mengetuknya.

Apakah ada suara lain yang terdengar selain suara ketukan biasa?

Jika ada suara yang aneh, Anda dapat memeriksanya atau menanyakan pada developer agar segera melakukan perbaikan.

Hal ini menjadi hal yang harus diperhatikan terutama jika Anda butuh berhemat.

Itu tadi tips agar Anda tidak tertipu saat membeli rumah. Pastikan Anda mempertimbangkan hal diatas sehingga Anda dapat memilih rumah yang paling tepat sesuai dengan apa yang Anda mimpikan.

Bagi Anda yang sulit untuk mengumpulkan uang untuk membeli rumah, Anda dapat memanfaatkan sistem kredit KPR yang dicanangkan pemerintah agar masyarakat dapat memenuhi salah satu kebutuhan pokoknya, tempat tinggal.

KPR memudahkan Anda karena sistem angsurannya yang memiliki jangka sangat panjang dan angsurannya yang sangat ringan.
Kategori: , ,