Berikut Cara Serlok di WA Untuk Identifikasi Lokasi

Pada Jumat, Juli 09, 2021 | Berkomentar
Berikut Cara Serlok di WA Untuk Identifikasi Lokasi

Anda tentu sudah tidak asing dengan aplikasi percakapan yang satu ini. Pasalnya, hampir seluruh masyarakat Indonesia menggunakan aplikasi ini untuk chattingan, telepon, video call, dan membuat status. Salah satu fitur yang disediakan oleh WhatsApp adalah berbagi lokasi anda dengan orang lain. Yuk pahami cara serlok di WA yang mudah versi metroandalas.co.id!

Kegunaan dari Serlok WA

WhatsApp merupakan aplikasi percakapan yang dibekali dengan banyak fitur. Fitur-fitur ini dapat anda gunakan untuk mendukung percakapan anda. Di sini, anda bisa dengan mudah berbagi foto, video, membuat grup, telepon video call, membuat status, hingga membagikan lokasi anda atau serlok. WhatsApp juga memiliki banyak emoticon dan  stiker yang lucu-lucu.

Dengan adanya fitur-fitur ini, WhatsApp bagaikan paket komplit untuk para penggunanya. Anda bisa melakukan apa pun dengan WhatsApp. Begitu pula dengan fitur berbagi lokasi, anda tidak perlu bingung bagaimana cara menunjukkan lokasi anda kepada orang lain. Cukup gunakan fitur serlok yang disediakan oleh WhatsApp dan lokasi anda bisa langsung terdeteksi.

Cara serlok di WA pun sangat mudah, jadi bisa dilakukan oleh siapa saja. Terdapat dua cara yang bisa anda pilih untuk berbagi lokasi dengan teman chat anda. Cara yang pertama adalah berbagi lokasi langsung dari aplikasi WA dan cara yang kedua melalui Google Maps terlebih dahulu.

Cara Berbagi Lokasi di WA Secara Langsung

Untuk berbagi lokasi di WA secara langsung, anda bisa membuka aplikasi WhatsApp di ponsel anda. Kemudian buka ruang percakapan yang ingin anda beritahu lokasi anda, bisa grup atau chattingan pribadi. Setelah itu, klik ikon penjepit kertas yang ada di bagian teks WhatsApp, letaknya di samping ikon kamera.

Setelah anda klik, maka akan muncul banyak opsi dan pilih opsi Location. Dengan opsi ini, maka lokasi yang anda bagikan adalah Live Location atau lokasi anda pada saat itu. Terdapat tiga pilihan waktu untuk cara serlok di WA ini, yaitu 15 menit, 1 jam, dan 8 jam.

Pilihan waktu ini menunjukkan seberapa lama anda berada di lokasi tersebut. Tunggu sampai deteksi lokasi anda akurat, setelah itu kirimkan ke ruang percakapan. Orang yang menerima lokasi tersebut akan dituntun menuju lokasi anda oleh Google Maps, jadi pastikan GPS anda sudah menyala saat akan mengirimkan lokasi.

Cara Berbagi Lokasi Melalui Google Maps

Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan Google Maps. Langkah yang pertama adalah buka aplikasi Google Maps yang ada di handphone anda. Kemudian, ketikkan lokasi yang ingin anda bagikan ke WA dan tunggu sampai lokasi tersebut ditemukan. 

Setelah itu, anda bisa klik ikon Share yang ada di bagian bawah tampilan Google Maps. Di menu Share ini, anda bisa membagikan lokasi tersebut ke WhatsApp dengan cara pilih ikon WA. Setelah itu, anda akan dibawa masuk ke tampilan WhatsApp dan diminta untuk klik kontak atau grup yang anda tuju, lalu klik ikon kirim.

Cara serlok WA ini mengirimkan lokasi yang lebih akurat, tapi mengharuskan lokasi yang anda inginkan bisa dideteksi oleh Google Maps. Sementara itu, cara yang pertama bisa mendeteksi lokasi manapun, hanya saja sering terjadi ketidakakuratan dalam membidik lokasi.

Anda bisa memilih cara mana yang ingin anda gunakan, baik secara langsung melalui WA atau melalui Google Maps terlebih dahulu memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda bisa menggunakan cara yang setidaknya lebih tepat untuk lokasi yang ingin anda bagikan kepada rekan anda.

Kategori: , ,