5 Fitur Keamanan yang Ada di Mobil Toyota Agya

Pada Sabtu, Agustus 28, 2021 | Berkomentar
5 Fitur Keamanan yang Ada di Mobil Toyota Agya

Beragam jenis fitur tersedia di sebuah produk mobil untuk membantu mendukung kenyamanan dan keamanan pengendara. Toyota Agya sebagai salah satu jenis mobil yang banyak digunakan saat ini juga memiliki fitur keamanan dan keselamatan yang sangat mendukung. Berikut akan dibahas apa saja fitur keamanan yang ditawarkan tipe mobil berukuran mungil ini.

Fitur Keamanan

Tipe mobil ini berukuran mungil dan sangat direkomendasikan untuk pemakaian pribadi anak muda. Mobil ini termasuk ke dalam jenis kendaraan LCGC atau Low Cost Green Car. Sangat cocok untuk digunakan sehari-hari apalagi untuk pengendara pemula. Berikut adalah 5 fitur keamanan yang bisa ditemui pada mobil mungil ini:

1. Dual SRS Airbag

Fitur keamanan pertama yang bisa ditemui pada mobil ini adalah dual SRS airbag. Airbag merupakan fitur keamanan dan keselamatan yang sangat penting untuk tersedia. Toyota membekali jenis mobil ini dengan dua kantung udara yang berada di bagian pengemudi serta penumpang depan. 

Sebenarnya fitur kantung udara ganda ini sudah ada di setiap tipe produk Toyota bahkan untuk varian paling murah. Jadi tak heran jika fitur ini juga tersedia di mobil ini. Dual airbag ini akan membantu meminimalkan efek benturan langsung ketika terjadi kecelakaan.

2. Sensor Parkir Belakang

Mobil ini dinilai cocok bagi pengemudi pemula karena fitur keamanannya memang terbilang lengkap. Salah satunya adalah sensor parkir belakang yang akan memperkecil kemungkinan benturan saat pengendara memarkirkan mobil. Sensor ini akan bekerja efektif membantu pengendara untuk menghindari benda yang ada di belakang mobil saat parkir.

3. Rem ABS + EBD

Selanjutnya ada fitur rem ABS dan EBD atau anti-lock braking system serta electronic brake force distribution. Fitur ini sebenarnya merupakan salah satu fitur keselamatan wajib yang harus ada di beberapa negara. Namun di Indonesia sendiri tidak semua mobil dilengkapi fitur ini.

Beruntung, Toyota Agya untuk varian TRD Sportivo sudah dilengkapi dengan fitur ABS dan EBD ini. Fitur ABS akan mencegah penguncian ban ketika terjadi pengereman mendadak. Dengan begitu pengemudi bisa menghindari dari objek yang ada di hadapan mobil. Sementara itu fitur EBD berfungsi untuk mendistribusikan gaya pengereman dan mengurangi jarak saat pengemudi mengerem mobil.

4. Alarm Start-Stop Button dan Immobilizer

Fitur keamanan berikutnya yang ada di mobil ini adalah alarm start-stop button serta fitur immobilizer. Fasilitas start-stop button ini membantu pengendara untuk mematikan dan menyalakan mesin mobil dengan mudah. Sistem alarm membantu teknologi ini untuk terjaga keamanannya dilengkapi dengan fitur immobilizer.

Immobilizer merupakan teknologi yang akan menjaga mobil agar hanya bisa menyala jika kunci aslinya terdeteksi. Fitur ini wajib ada jika mobil menggunakan teknologi keyless entry. Menariknya lagi, jenis mobil Toyota satu ini merupakan mobil LCGC pertama yang memperkenalkan fitur keamanan tersebut.

5. Sabun Keamanan Tiga Titik

Mobil ini juga memiliki sabuk keamanan tipe tiga titik yang membantu menjaga keamanan dan keselamatan penumpang maupun pengemudi. Tipe sabuk pengaman ini akan menghadirkan rasa nyaman. Fitur ini akan membantu mempertahankan posisi tubuh penumpang dan pengemudi bahkan saat terjadi benturan.

Itulah 5 fitur keamanan yang ditawarkan oleh produk mobil Toyota Agya. Mobil ini berukuran mungil namun memiliki fitur yang cukup lengkap. Harganya juga tidak begitu tinggi sehingga cocok digunakan oleh pengemudi pemula maupun kalangan anak muda yang baru pertama kali punya mobil.

Kategori: ,