Menjadi Pilihan Instrumen Investasi, Berikut Keuntungan Reksa Dana Yang Wajib Diketahui

Pada Kamis, Agustus 12, 2021 | Berkomentar
Menjadi Pilihan Instrumen Investasi, Berikut Keuntungan Reksa Dana Yang Wajib Diketahui

Dewasa ini, banyak orang yang sadar akan pentingnya kegiatan investasi. Dari sekian banyaknya instrumen investasi yang disuguhkan, reksa dana bahkan menjadi salah satu instrumen yang paling banyak diminati. Hal ini karena keuntungan reksa dana bisa dinikmati siapa saja dengan risiko yang tergolong rendah. Terkait informasi lengkapnya, cek ulasannya disini.

Keuntungan Berinvestasi Di Reksa Dana

1. Memiliki Banyak Pilihan

Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang cocok digunakan untuk pemula. Pasalnya, reksa dana ini berbentuk seperti wadah yang dapat dimanfaatkan untuk menghimpun dana yang akan diinvestasikan melalui manajer investasi. Anda yang menggunakan instrumen ini tentu tidak perlu pusing dalam melakukan pengelolaan tertentu karena sudah diwakili oleh manajer.

Jika dibedah, reksa dana memiliki banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Reksa dana terdiri dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana saham. Menariknya, beberapa produk tersebut bisa anda pilih secara bersamaan untuk mendapatkan keuntungan reksa dana yang maksimal, yaitu reksa dana campuran.

2. Diversifikasi Risiko

Dalam menggunakan instrumen yang satu ini, anda akan mendapatkan diversifikasi yang produk yang beragam untuk meminimalkan risiko yang dapat terjadi kapan saja. Pasalnya, anda akan memilih produk reksa dana tertentu yang sudah berisi berbagai portofolio efek. Tentu saja, kerugian yang berlebihan tidak akan terjadi karena nilai portofolio efek memiliki pergerakan yang berbeda.

Kegiatan diversifikasi umumnya sangat sulit dilakukan oleh seorang investor yang bersifat individual. Untuk itu, anda bisa mengatasi risiko ini dengan memilih produk reksa dana karena memiliki sifat menghimpun dana dari berbagai investor. Tak ayal jika proses diversifikasi menjadi lebih optimal.

Jika dicontohkan, instrumen reksa dana memungkinkan produk efek seperti saham maupun obligasi dimiliki oleh sekumpulan orang. Tentu saja kondisi ini dapat memaksimalkan keuntungan reksa dana karena anda tidak akan mengalami penurunan harga yang signifikan ketika menggunakan jenis instrumen investasi ini.

3. Dikelola Oleh Manajer Profesional

Hal menarik lain yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan jenis instrumen ini adalah mudah dan cepat. Anda tidak perlu sibuk untuk melakukan analisis produk investasi secara mendalam karena manajer profesional akan membantu anda dalam mengelola dana investasi. Terlebih lagi jika anda sudah menentukan manajer investasi yang profesional.

Meski demikian, pemilihan manajer investasi nyatanya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pada tahapan ini, anda bisa mengamati portofolio yang sudah dilakukan dan mempelajari laporan rutin yang disampaikan. Jika anda bingung dalam memilih manajer investasi, manajer investasi HSBC Advance adalah salah satu manajer yang sangat direkomendasikan.

4. Bisa Dimulai Dengan Jumlah Kecil

Selain itu, anda juga bisa mendapatkan keuntungan reksa dana karena sangat mudah dan murah. Instrumen reksa dana yang bisa diperoleh dari berbagai aplikasi ada yang bisa dibeli mulai dari Rp100 ribu maupun Rp10 ribu. Sehingga instrumen investasi ini bisa dilakukan oleh siapa saja dari berbagai lapisan masyarakat.

Menariknya, reksa dana seringkali digunakan sebagai salah satu instrumen untuk belajar memulai kegiatan investasi. Meski demikian, penggunaan jenis instrumen ini sebaiknya dilakukan dengan mengenali profil risiko pribadi. Anda tidak disarankan untuk mengikuti orang lain jika ingin mendapatkan keuntungan yang optimal.

Sebagai salah satu instrumen investasi yang banyak diminati, reksa dana dapat menjangkau semua lapisan masyarakat karena bisa dimulai dengan jumlah kecil. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lain investasi ini sebagaimana ulasan di atas. Jika ingin membuktikannya, anda bisa memulai berinvestasi dengan HSBC dengan mengunjungi laman HSBC Advance.

Kategori: , ,