Mengenal Dampak Negatif Pemakaian Narkoba pada Generasi Muda

Pada Jumat, Oktober 29, 2021 | Berkomentar

Rehabilitasi narkoba kini menjadi solusi pertolongan bagi anak muda yang terjebak dalam penyalahgunaan narkoba. Tentunya ada banyak sekali dampak negatif yang muncul akibat pemakaian narkoba yang tidak bertanggung jawab. Semua dampak inilah yang penting untuk dipahami oleh siapa saja agar tidak pernah terlintas di pikiran untuk mengenal serta menggunakan narkoba.

Dampak Negatif Narkoba

Penggunaan narkoba benar-benar akan merusak generasi bangsa. Beragam jenis dampak negatif bisa menimpa anak muda akibat pemakaian narkoba. Tentunya hal tersebut akan merugikan diri sendiri sehingga bisa dikatakan bahwa narkoba tidak akan memberikan manfaat apapun. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif yang dapat terjadi apabila konsumsi narkoba terus dilakukan:

1. Ketergantungan

Konsumsi narkoba berpotensi besar menimbulkan ketergantungan. Sudah ada banyak kasus dimana seseorang mengalami ketergantungan dan sulit untuk berhenti mengonsumsi narkoba. Ketergantungan ini menyebabkan seseorang selalu ingin konsumsi narkoba dimana saja dan kapan saja. Jika keinginan tersebut tidak terpenuhi maka akan muncul reaksi yang tidak biasa. 

2. Penurunan Daya Ingat

Narkoba juga ternyata bisa menurunkan daya ingat. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan pada sel saraf otak yang juga dipicu oleh konsumsi narkoba. Akibatnya, daya ingat yang dimiliki pun akan terus menurun. Tak hanya itu, kondisi perubahan sel saraf pada bagian otak ini juga bisa memicu kebingungan serta gangguan koordinasi tubuh. 

3. Muncul Berbagai Penyakit

Penggunaan narkoba dapat menimbulkan beragam jenis penyakit. Biasanya mereka yang kecanduan konsumsi narkoba akan lebih rentan mengalami penyakit jantung. Selain itu, mereka juga punya risiko tinggi mengalami gangguan paru-paru, penyakit kardiovaskuler, insomnia, dehidrasi, dan lain sebagainya. Jika muncul gejala penyakit tertentu maka rehabilitasi narkoba perlu didukung dengan penanganan medis.

4. Muncul Halusinasi

Pemakaian narkoba juga akan memunculkan halusinasi. Narkoba memang memiliki pengaruh kuat bagi pikiran seseorang. Biasanya orang yang mengonsumsi narkoba akan mengalami perubahan kesadaran dan mulai berhalusinasi. Umumnya, halusinasi ini akan terjadi dalam hitungan jam setelah konsumsi narkoba. Halusinasi memang akan hilang sendiri namun bisa tetap mempengaruhi pikiran dan memori. 

5. Kualitas Hidup Menurun

Jelas sekali bahwa orang yang mengonsumsi narkoba akan mengalami penurunan kualitas hidup. Perlu dipahami bahwa narkoba tidak hanya memberikan dampak buruk bagi kesehatan fisik tetapi juga bagi mental dan pikiran. Orang yang menggunakan narkoba bisa saja akan sulit berkonsentrasi sehingga tidak bisa bekerja dengan baik, tidak bisa tidur nyenyak, dan lain sebagainya. 

Itulah tadi dampak buruk yang bisa datang pada orang yang menggunakan narkoba. Layanan rehabilitasi narkoba menjadi penolong bagi mereka yang telah mengonsumsi narkoba dan menerima dampaknya. Semua dampak penggunaan narkoba yang dibahas tadi wajib diwaspadai dan menjadi pengingat untuk terus menjauh dari benda terlarang ini.