Pahami Cara Merawat Kucing Agar Tetap Sehat

Pada Jumat, Februari 11, 2022 | Berkomentar

Berbicara tentang hewan peliharaan pastinya anda sudah tidak merasa asing dengan Kucing. Kucing merupakan jenis peliharaan yang banyak dipilih karena sifatnya yang begitu lucu dan juga menggemaskan. Kucing juga jenis hewan yang selalu menyenangkan, Namun anda juga perlu memperhatikan cara perawatan dan vitamin kucing yang tepat untuk diberikan.

Cara Melakukan Perawatan Kucing

1. Menyediakan Air Bersih

Cara merawat kucing dengan baik yang pertama adalah selalu menyediakan air bersih setiap hari. anda bisa meletakkannya di dalam mangkuk ataupun gelas yang memungkinkan untuk bisa diminum oleh hewan peliharaan menggemaskan ini. Anda juga bisa menyiapkan kran air khusus yang dapat digunakan oleh kucing untuk minum atau mengkonsumsinya.

Pastikan anda mengganti air setiap hari secara berkala agar kualitas air tetap bersih dan kucing terhindar dari berbagai jenis penyakit. Kebutuhan air yang cukup akan memberikan energi yang baik bagi kesehatan kucing. Kucing sama halnya dengan manusia yang selalu membutuhkan kebutuhan mineral untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Merawat Kucing Secara Teratur

Perawatan rutin adalah cara berikutnya untuk merawat kucing Anda dengan benar dan mudah. Ketika memiliki kucing dengan bulu yang panjang, Anda perlu menyisir secara teratur. Menyikat secara teratur dapat menghilangkan bulu-bulu yang mati dari bulu sehingga kucing tidak menelannya. Ini juga merupakan cara untuk memantau kemungkinan perubahan. 

Perubahan yang dimaksud adalah untuk mengetahui kondisi dan keadaan kucing apakah memiliki benjolan atau sakit pada bagian tubuhnya. Dengan begitu maka anda akan dapat mendeteksi lebih dini dan bisa memberikan obat kucing yang sesuai dengan kebutuhan peliharaan. Pengobatan yang tepat akan memberikan pertolongan yang baik bagi hewan.

3. Menyediakan Kotak Kotoran yang Memadai

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menyediakan kotak untuk kotoran yang layak bagi hewan peliharaan. Aturan dalam memberikan kotak kotoran pada hewan peliharaan adalah setiap peliharan memiliki kotaknya sendiri. kemudian anda juga perlu menyediakan kotak tambahan untuk mengantisipasi kebutuhan pembuangan kucing.

Jadi, jika anda memiliki 2 kuning maka harus bisa menyediakan setidaknya 3 kotak kotoran yang dapat digunakan oleh peliharaan. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kebersihan agar dapat menjaga kenyamanan pada peliharaan. Dengan begitu maka kucing anda juga akan selalu berada dalam kondisi yang sehat dan terhindar dari penyakit.

4. Jaga Kebersihan Gigi

Membersihkan gigi kucing secara teratur juga cukup penting saat merawat kucing. Perlu diingat bahwa kucing sama seperti manusia yang dapat mengembangkan karang gigi dan dapat menyebabkan penyakit periodontal dan kerusakan gigi. Faktanya, bakteri yang menumpuk di gigi kucing juga bisa masuk ke aliran darah dan menyebabkan penyakit kucing lainnya. 

Agar gigi kucing Anda tetap bersih dan sehat, jadwalkan untuk mengunjungi dokter setidaknya setahun sekali untuk perawatan ini. Hal ini dilakukan untuk kebaikan dan juga kesehatan bagi kucing anda agar terhindar dari karang gigi yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai jenis penyakit yang akan menyiksa kondisi kucing anda.

5. Melakukan Pemeriksaan Rutin

Cara merawat kucing yang terakhir yaitu dengan selalu memeriksakan kondisi kesehatan kucing secara teratur. Dengan memeriksakan kondisinya akan membantu mendeteksi penyakit sejak dini. Selain itu, kucing anda akan mendapatkan vaksin dan juga vitamin kucing untuk menjaga kondisinya agar selalu dalam keadaan yang  sehat.

Kucing memang merupakan hewan yang sangat lucu, namun anda juga tetap perlu memperhatikan tingkat kesehatannya agar tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan vitamin kucing dari doctorjon.id yang memiliki manfaat dan kegunaan yang baik untuk kucing anda.

Kategori: ,