Bagaimana CV Lamaran Kerja yang Menarik Menurut BikinCV

bikincv.com

Curriculum Vitae atau CV merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan saat melamar pekerjaan. Bagi anda yang ingin membuat CV, anda bisa melihat contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar di internet untuk referensi. Dengan melihat contoh CV lamaran kerja, Anda akan mendapatkan gambaran bagaimana membuat CV yang bagus dengan desain yang bagus. 

Saat ini, contoh CV menarik semakin mudah ditemukan di berbagai platform. Situs yang menyediakan contoh CV lamaran kerja yaitu bikinCV. Banyak contoh CV lamaran kerja di situs-situs tersebut yang bisa dikonsultasikan secara gratis oleh semua kalangan.

Contoh CV Menarik, Apa Saja Isinya?

Biasanya, dalam lamaran kerja, setiap perusahaan akan meminta pelamarnya untuk memberikan dokumen yang berbeda untuk lamaran kerja. CV merupakan salah satu dokumen penting dalam pertimbangan pemilihan pekerjaan HRD perusahaan. Tak jarang, banyak lulusan baru yang gagal lolos ke tahap wawancara justru karena masalah penyajian resume yang kurang menarik bagi SDM. 

Untuk itulah pada artikel kali ini kita akan membagikan contoh CV yang baik dan benar untuk lamaran kerja, khususnya bagi anda yang masih lulusan baru, baik SMA/SMK maupun D3/S1.Tidak semua informasi dan pengalaman kerja Anda harus dicantumkan dalam CV Anda. 

Karena biasanya panjang CV untuk melamar pekerjaan tidak lebih dari 1 halaman, informasi tertulis juga harus dipilih berdasarkan prioritas; mana yang dibutuhkan dan mana yang paling penting. Bagaimana cara membuat CV yang baik? Yuk ikuti langkah-langkah membuat CV di bawah ini:

Data pribadi

Tuliskan data diri Anda mulai dari nama lengkap, email, nomor kontak, alamat (hanya kota tempat tinggal Anda), tempat dan tanggal lahir dengan benar tanpa salah ketik. Data pribadi ini penting untuk dilacak karena HR kemungkinan tidak mengetahui semua pelamar kerja. 

Dengan menuliskan informasi pribadi ini, terutama nama dan nomor kontak Anda yang dapat dihubungi, akan memudahkan HR untuk menghubungi Anda jika Anda benar-benar memenuhi syarat untuk tahap seleksi pekerjaan selanjutnya.

Deskripsi diri

Buatlah deskripsi diri yang menarik di awal CV Anda. Deskripsi diri ini harus menyatakan minat Anda dan deskripsi keterampilan yang mendukung deskripsi pekerjaan untuk lowongan yang Anda lamar. Bagian ini cukup pendek sehingga dapat ditulis dalam 300 karakter atau hingga 3-4 kalimat dan hindari kata-kata kecil.

Keterampilan yang dimiliki

Jelaskan keahlian Anda secara rinci di bagian terpisah meskipun Anda secara umum telah menyebutkannya di bagian deskripsi diri. Keterampilan yang perlu dijelaskan dapat berupa hard skills dan soft skills yang relevan dengan jenis pekerjaan yang dilamar dan mencakup tingkat penguasaan keterampilan tersebut. 

Hindari menulis keterampilan yang tidak relevan bahkan jika Anda menguasainya.
 

Pengalaman

Sebagai lulusan baru, Anda mungkin memiliki sedikit atau tidak ada pengalaman kerja. Jika demikian, Anda dapat mengisi bagian ini dengan menulis tentang pengalaman organisasi yang juga relevan dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tetapi jika Anda memiliki pengalaman magang atau mengerjakan proyek, lebih baik menulis. 

Seiring waktu, karena jumlah pengalaman kerja / magang yang Anda peroleh meningkat, konten pengalaman kerja / magang meningkat dan mengurangi atau bahkan menghilangkan konten pengalaman organisasi.

Riwayat pendidikan

Terakhir, tuliskan riwayat pendidikan dan pelatihan Anda dalam urutan kronologis terbalik, dimulai dengan pendidikan dan pelatihan terakhir yang diselesaikan. Untuk jenjang pendidikan tidak perlu dicantumkan jenjang pendidikan SMP dan SD apalagi TK karena tidak terlalu berpengaruh.

bikincv.com

Jika Anda kebingungan anda bisa langsung konsultasi lewat situs BikinCV agar memudahkan Anda untuk membuat CV lamaran kerja.

Contoh CV dari BikinCV :

Contoh 1 CV dari BikinCV.com

Contoh 2 CV dari BikinCV.com



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama